Rabu, 26 Desember 2012

Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele


Pembesaran merupakan tahapan terpenting dalam budidaya lele sangkuriang. Tahap inilah yang paling banyak dilakukan oleh peternak lele karena tingkat keuntungannya lebih besar. Namun demikian, pembesaran juga merupakan tahapan yang memakan biaya paling besar, terutama untuk memenuhi kebutuhan pakan. Oleh sebab itu, terutama untuk memenuhi kebutuhan pakan. Oleh sebab itu, pembesaran lele sangkuriang harus dilakukan seoptimal mungkin agar dapat menghemat biaya pakan dan pemborosan dapat dihindari.





Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Pada prinsipnya, tahap pembesaran merupakan usaha untuk membesarkan bibit menjadi lele ukuran konsumsi, sekitar 100–150 gram / ekor atau 7–10 ekor / kg. Kecepatan lele dalam mencapai ukuran konsumsi merupakan kunci untuk mendapatkan keuntungan. Keistimewaan lele sangkuriang adalah kecepatannya dalam mencapai ukuran konsumsi yang berada di atas lele dumbo biasa. Dalam waktu 60–70 hari, dari bibit berukuran 3-5 cm, lele sangkuriang sudah mampu mencapai ukuran konsumsi. Hal itu jauh lebih cepat dibanding lele dumbo biasa yang memakan waktu hingga 100-110 hari.

Agar dapat menghasilkan lele sangkuriang siap konsumsi dalam waktu yang diharapkan maka diperlukan penangan budidaya yang tepat. Penyebabnya, meskipun lele sangkuriang memilik sifat genetis yang cepat berkembang, namun apabila teknik budidayanya salah, maka tidak tertutup kemungkinan waktu pembesaran justru menjadi lebih lama dibanding lele dumbo biasa. Selanjutnya akan dibahas mengenai teknik pembesaran lele secara detail yaitu mengenai persiapan kolam pembesaran, cara mendapatkan bibit lele sangkuriang, pemeliharaan lele sangkuriang, manajemen pakan, dan memanen lele sangkuriang.
Cara Budidaya Lele | Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Sumber
Tags: Budidaya, Cara Budidaya Lele, Lele Sangkuriang, Pembesaran Lele, Sekilas Mengenai Pembesaran Ikan Lele

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar