Selasa, 19 Maret 2013

FUNGSI "IF" SEDERHANA DAN BERTINGKAT PADA EXCEL 2007

Fungsi IF sederhana pada excel 2007 adalah fungsi logika asumsi pada nilai tertentu yang terdiri dari dua variabel dan dapat kita definisikan sendiri (misalnya untuk menentukan antara "Lulus atau Tidak lulus"). Sedangkan fungsi IF bertingkat digunakan untuk mengklasifikasikan nilai-nilai tertentu ke dalam banyak kategori berdasarkan asumsi tertentu (misalnya untuk menentukan nilai Mahasiswa masuk dalam kategori : A, B, C dan seterusnya).


Contoh penggunaan fungsi IF sederhana dan bertingkat dapat terlihat pada tabel berikut ini :


Pada kolom STATUS kita akan memasukkan fungsi logika IF sederhana terhadap nilai Mahasiswa yang terdapat pada kolom C, dengan asumsi bahwa nilai minimal kelulusan adalah > atau = (lebih besar atau sama dengan) 60 dan nilai dibawahnya akan berstatus TIDAK LULUS, sehingga rumus yang kita masukkan pada sel D5 menjadi =IF(C5>=60;"LULUS";"TIDAK LULUS")  lalu copy rumus tersebut kebawah sampai semua sel terisi.
 

 
Tambahan : Bila rumus tidak berfungsi, silahkan ganti tanda titik koma (;) dengan tanda koma (,)

Setelah memasukkan tiga poin rumus fungsi IF di atas maka tabel tersebut akan terisi dan terlihat seperti ini :
















Demikianlah uraian singkat tentang fungsi IF sederhana dan bertingkat pada excel 2007 yang saya pahami, rajin berlatih adalah kunci untuk memahami fungsi ini. Semoga tulisan ini bermanfaat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar