Selasa, 19 Maret 2013

FUNGSI "IF" SEDERHANA DAN BERTINGKAT PADA EXCEL 2007

Fungsi IF sederhana pada excel 2007 adalah fungsi logika asumsi pada nilai tertentu yang terdiri dari dua variabel dan dapat kita definisikan sendiri (misalnya untuk menentukan antara "Lulus atau Tidak lulus"). Sedangkan fungsi IF bertingkat digunakan untuk mengklasifikasikan nilai-nilai tertentu ke dalam banyak kategori berdasarkan asumsi tertentu (misalnya untuk menentukan nilai Mahasiswa masuk dalam kategori : A, B, C dan seterusnya).


Contoh penggunaan fungsi IF sederhana dan bertingkat dapat terlihat pada tabel berikut ini :


Pada kolom STATUS kita akan memasukkan fungsi logika IF sederhana terhadap nilai Mahasiswa yang terdapat pada kolom C, dengan asumsi bahwa nilai minimal kelulusan adalah > atau = (lebih besar atau sama dengan) 60 dan nilai dibawahnya akan berstatus TIDAK LULUS, sehingga rumus yang kita masukkan pada sel D5 menjadi =IF(C5>=60;"LULUS";"TIDAK LULUS")  lalu copy rumus tersebut kebawah sampai semua sel terisi.
 

 
Tambahan : Bila rumus tidak berfungsi, silahkan ganti tanda titik koma (;) dengan tanda koma (,)

Setelah memasukkan tiga poin rumus fungsi IF di atas maka tabel tersebut akan terisi dan terlihat seperti ini :
















Demikianlah uraian singkat tentang fungsi IF sederhana dan bertingkat pada excel 2007 yang saya pahami, rajin berlatih adalah kunci untuk memahami fungsi ini. Semoga tulisan ini bermanfaat...


Minggu, 17 Maret 2013

Fungsi Absolut pada excell

Fungsi /sel Absolut
Sel absolut adalah lembar kerja / alamat sel yang tidak mengalami perubahan dimana pada saat menjumlahkan,mengurangi,membagi,mengalikan,maupun menggabungkan,ada satu sel yang dikunci dan tidak bisa berubah.
Ciri-ciri sel absolut :
·         Ditandai dengan $
.Fungsi Absolut, yaitu suatu fungsi yang berguna untuk memberikan nilai absolute/ harga mutlak terhadap sebuah nilai, dengan bentuk umum: =Abs(sel kunci), misalnya: =Abs(C5) artinya membuat nilai absolute dari kolom C baris ke 5.


Contoh:

Ada sebuah data:









Untuk nengaliakn jumlah lembar dengan harga kertas maka kita harus menggunakan sel absolut jika tidak maka hasilnya seperti ini,
ini menggunakan rumus yang benar maka hasilnya bukan pecahan

Minggu, 10 Maret 2013

cara membuat grafik dalam Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel 2007 menyediakan berbagai macam grafik yang dapat membantu kita dalam menyajikan data dengan lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa jenis grafik yang tersedia dalam Excel 2007:
1. Column charts (Grafik Kolom)
Grafik Kolom sangat berguna untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau menggambarkan perbandingan antar beberapa item.
2. Line charts (Grafik Garis)
Grafik garis dapat menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan selama periode waktu tertentu. Grafik ini sangat ideal untuk menampilkan tren data pada interval/rentang waktu yang sama.
3. Pie charts (Grafik lingkaran)
Grafik lingkaran menunjukkan ukuran dari suatu item dalam suatu rangkaian data, secara proporsional terhadap jumlah dari keseluruhan item. Poin atau nilai dari item-item tersebut ditunjukkan dalam bentuk presentase dari keseluruhan data (dalam bentuk satu lingkaran).
4. Bar charts (Grafik batang)
Grafik batang menggambarkan perbandingan antar beberapa item.
5. Area charts (Grafik bidang)
Grafik bidang menekankan besarnya perubahan dari waktu ke waktu.
6. XY (scatter) charts (Grafik penyebaran)
Grafik penyebaran menunjukkan hubungan antara nilai numerik pada beberapa rangkaian data.
7. Stock charts (Grafik stok)
Seperti namanya, grafik stok banyak digunakan untuk menggambarkan fluktuasi harga stok. Namun grafik ini juga dapat digunakan untuk data ilmiah. Sebagai contoh, kita dapat menggunakannya untuk menunjukkan fluktuasi suhu harian.